BANDUNG COUNTRY STAGE “THE COWBOYS JAMMING”

Howdy!
Kota Bandung telah dikenal sejak dulu sebagai “NASHVILLE nya Indonesia”. Hal ini disebabkan karena kota Bandung sejak tahun 1970an telah eksis ber-country ria dan menjadi barometer musik country di Indonesia. Beberapa festival musik country antar mahasiswa telah banyak digelar di era ini. Banyak pula penyanyi country dan juga band-band country yang eksis di era tsb. Diantaranya adalah Rita Ruby Hartland, Remy Silado, Babadotan Band, Carulug band…dan masih banyak lagi.
Oleh sebab itu saya bersama teman-teman berniat untuk mengadakan acara Sarasehan antar musisi yang dapat menjadi ajang temu kangen untuk para musisi yang telah lama tidak bertemu.
Saya sangat berambisi untuk mengembalikan Bandung menjadi kota Country lagi seperti dulu.
Pada hari Selasa tanggal 28 April 2009 di MAMA’S GERMAN RESTO diadakan acara BANDUNG COUNTRY STAGE dengan tema The COWBOYS JAMMIN’. Beberapa minggu sebelum diadakan, gaungnya acara ini telah mendapat sambutan yang sangat luar biasa dari teman-teman musisi country.
Saya pun mengundang teman-teman melalui FACEBOOK GROUPS-KOMUNITAS PENGGEMAR MUSIK COUNTRY. Dan disanalah saya bertemu dengan seorang “senior” pemusik Bandung yang telah berhijrah ke Jakarta menjadi seorang aktor sinetron,yaitu Bpk Egi Fedly.
Beliau menyambut gembira dengan adanya acara ini. Sesungguhnya beliau pun terkejut akan masih eksisnya musik bluegrass di Bandung. “Saya kira sudah enggak ada..” itu ujarnya.
Acara ini disebarluaskan pula undangannya oleh radio CHEVY 103.5FM oleh rekan Lenia dan juga pak Rizal di setiap hari Minggu. Dan setiap kamis malam, disebarluaskan juga oleh Bang Tatang Lakturo dan Pak Harris di radio MARA 106.7FM .
Saya juga mengundang pak Sutoyo ketika bertemu di De Ranch ketika beliau sedang menyaksikan penampilan Joe Arkansas.
Direncanakan sebelumnya untuk hari “H” yang akan menjadi Home band adalah 3 grup band asal Bandung yaitu: PENJAGA GAWANG BAND, DITTO DITTI BAND dan sebuah BAND BLUEGRASS,
Namun karena 2 orang personil dari DITTO DITTI berhalangan hadir karena harus bekerja, maka pada hari H yang menjadi Home Band hanya 2 grup band.
Pada hari “H” suasana MAMA’S GERMAN RESTO sungguh meriah. Acara sendiri dimulai pukul 20 tepat. Hadir pula rombongan Pak Sutoyo dari Jakarta dan juga rombongan Pinky Warouw dari Pamulang bersama Pakde Yunus Hidayat.
Banyak sekali musisi yang hadir malam itu dari beberapa angkatan. Dari angkatan muda hadir SAPTO ADJIE, YOGIE DALTON, dan masih banyak lagi. Sedangkan dari angkatan senior hardir pula beberapa musisi country yang sudah ‘menghilang’ spesial hadir kembali malam itu,yaitu Pak EGI FEDLY dan pak GOEM-GOEM dari BABADOTAN BAND, juga ada Pak RIKE BARNIE dan ‘kakek’ POW dari Lasso Band.
Hadir pula beberapa penyiar yang selalu mengumandangkan musik country di kota Bandung. Ada rekan Lenia juga pak Rizal dari radio CHEVY dan dari radio MARA ada pak Tatang dan Pak Haris. Juga ada Pak Sujanto Lawantara dan rekan-rekan dari CMCI Bandung.
Malam itu terasa sekali suasana kekeluargaan dari antar musisi. Maklumlah, acara seperti ini biasanya hanya diadakan setahun sekali.
Motivasi kami mengadakan acara tersebut adalah untuk menghidupkan kembali Musik Country di kota Bandung khususnya. Kami selama ini sudah gemes karena gaung musik country sama sekali tidak terdengar lagi. Semoga dengan acara tersebut dapat menjadi awal dari dimulainya kebangkitan musik country di kota Bandung lagi.

Terima kasih kami ucapkan kepada pihak MAMA’S GERMAN RESTO yang telah memberikan kami kesempatan dan wadah untuk kami mengadakan acara tersebut. Juga kepada pihak RADIO CHEVY 103.5 FM dan juga pihak RADIO MARA 106.7FM yang telah membantu menyiarkan dan menyebarluaskan “gaung” musik country di kota Bandung.
Terima Kasih juga kepada Pinky Warouw dan Pakde Yunus beserta rekan-rekan dari Jakarta yang telah hadir mendukung dan menyemarakan acara tersebut. Buat teman-teman musisi di kota Bandung, terima kasih banyak dan semoga kita bisa tetap kompak membangun dan menyemarakkan musik country.

Last but not least…terima kasih banyak kami haturkan kepada pak Sutoyo yang telah mendukung acara ini dari awal hingga akhir , serta perjuangannya menyemarakkan musik Country di tanah air dengan Blognya yang luar biasa.
VIVA COUNTRY FOREVER!

By: Hanche Presley.

Kembali ke : BANDUNG COUNTRY STAGE.